Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd

Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd - Hallo sahabat KUMPULAN TUGAS SMA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Logika Akuntansi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd
link : Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd

Baca juga


Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd

Banyak ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berasal dari bahasa Inggris accountancy. Akuntansi dapat didefinisikan sebagai berikut( Warsono, Darmawan dan Ridha, 2008):

�Akuntansi adalah proses sistematis untuk mengolah transaksi menjadi informasi keuangan yang bermanfaat bagi para penggunanya.�

Akuntansi terdiri dari 3 (tiga) komponen utama, yaitu:

      1. Input (masukan); berupa transaksi, Yaitu peristiwa bisnis yang bersifat keuangan.
      2. Proses (prosedur); meliputi berbagai fungsi mulai dari pengidentifikasian transaksi sampai dengan penyajian informasi keuangan. Proses utama akuntansi adalah pencatatan yang terdiri dari 2(dua) fungsi, yaitu penjurnalan dan pemindah-bukuan.
      3. Output (keluaran); berupa informasi keuangan. Salah satu output akuntansi yang banyak dikenal adalah laporan keuangan (financial statements) yang terdiri dari laporan laba/rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca dan laporan arus kas.



        Para pengguna informasi akuntansi antara lain terdiri dari:
         
        a.    Pemilik,
        b.    Kreditor (pemberi pinjaman)
        c.    Manajer,
        d.    Pemerintah,
        e.    Karyawan,
        f.    Serikat pekerja (labor union),
        g.    Pelanggan,
        h.    Pemasok/rekanan, dll.

        Para pengguna memanfaatkan informasi akuntansi untuk memenuhi berbagai kepentingan masing-masing. Sebagai contoh, Pemilik membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai perkembangan modal yang disetorkan, Kreditor membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan melunasi pinjaman, dan Manajer membutuhkan akuntansi untuk mengetahui prestasi kerjanya.


        Demikianlah Artikel Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd

        Sekianlah artikel Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

        Anda sekarang membaca artikel Kuliah DEFINISI AKUNTANSI Zorrd dengan alamat link https://zorrd.blogspot.com/2016/01/kuliah-definisi-akuntansi-zorrd.html

        No comments

        Powered by Blogger.