ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD

ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD - Hallo sahabat KUMPULAN TUGAS SMA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD
link : ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD

Baca juga


ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD

Bahan Pelumas
Di dalam mesin terdapat bagian-bagian yang bergerak, seperti poros engkol, torak, batang torak, katup, rantai dan sebagainya. Dengan adanya pelumas hubungan dua bagian tidak bergesekan secara langsung karena terdapat lapisan minyak tipis (oil film).Untuk mengurangi kenaikan suhu dan keausan pada bagian-bagian yang bergesekan, menambah kerapatan antara torak dan silinder mengeluarkan kotoran dan mencegah karat, dapat dipergunakan minyak pelumas.

1) Minyak Binatang
Diperoleh dengan mengolah tulang-tulang sapi sehingga disebut minyak tulang.Minyak ini titik didihnya 360�C dan tidak mudah kering.Dipergunakan untuk melumasi pada titik � titik perputaran seperti magnet dan jam.

2) Minyak Tumbuhan
Diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, dapat melumasi dengan baik dan mempunyai daya lekat pada logam tinggi, tetapi kental dan keruh dan dapat bersenyawa dengan asam. Dipergunakan sebagai pelumas pada motor yang didinginkan oleh udara.

3) Minyak Mineral
Diperoleh dengan cara penyulingan, dipergunakan sebagai pelumas pada mesin otomotif. Satuan kekentalan minyak pelumas adalah SAE (Society of Automotif Enginer).Semakin besar angka SAE berarti minyak pelumas semakin kental. Tabel 4.5 berikut merupakan penjelasan angka SAE.




Minyak pelumas untuk mesin harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
(a) Derajat kekentalannya harus sesuai dengan jenis operasi mesin.
(b) Mempunyai daya lekat yang baik
(c) Tidak mudah bercampur dengan kotoran
(d) Mempunyai titik nyala(flash point) yang tinggi dan sukar menguap
(e) Mudah memindahkan panas dan titik bekunya rendah.


Demikianlah Artikel ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD

Sekianlah artikel ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ILMUJelaskan Bahan Pelumas?. ZORRD dengan alamat link https://zorrd.blogspot.com/2016/01/ilmujelaskan-bahan-pelumas-zorrd.html

No comments

Powered by Blogger.