LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN

LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN - Hallo sahabat KUMPULAN TUGAS SMA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BIOLOGI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN
link : LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN

Baca juga


LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN

   Slamat siang sahabat zorrd, di kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang laporan LAPORAN PERCOBAAN ENZIM KATALASE, laporan ini sudah lengkap jadi shabat tinggal plajari saja. silahkan digunakan dengan bijak yaa ^_^



PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE
DASAR TEORI
A.    ENZIM
Enzim adalah protein yang berperan sebagai katalis dalam metabolisme makhluk hidup. Enzim berperan untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup, tetapi enzim itu sendiri tidak ikut bereaksi. Oleh sebab itu enzim disebut sebagai salah satu katalisator alami. Enzim terdiri dari apoenzim dan gugus prostetik. Apoenzim adalah bagian enzim yang tersusun atas protein. Gugus prostetik adalah bagian enzim yang tidak tersusun atas protein. Gugus prostetik dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu koenzim (tersusun dari bahan organik) dan kofaktor (tersusun dari bahan anorganik).
Enzim tak hanya ditemukan dalam sel-sel manusia dan hewan, namun sel-sel tumbuhan juga memiliki enzim sebagai salah satu komponen metabolismenya. Enzim katalase merupakan salah satu enzim yang terdapat pada tumbuhan. Enzim diproduksi oleh peroksisom dan aktif dalam melakukan reaksi oksidatif bahan-bahan yang dianggap toksik oleh tanaman, seperti hidrogen peroksida (H2O2). Enzim katalase termasuk ke dalam golongan desmolase, yaitu enzim yang dapat memecahkan ikatan C-C atau C-N pada substrat yang diikatnya (http://id.wikipedia.org).
Cara kerja enzim dapat dijelaskan dalam dua teori, yaitu: Teori kunci dan gembok (enzim bekerja sangat spesifik. Enzim dan substrat memiliki bentuk geometri komplemen yang sama persis sehingga bisa saling melekat) dan teori ketepatan induksi (enzim tidak merupakan struktur yang spesifik melainkan struktur yang fleksibel. Bentuk sisi aktif enzim hanya menyerupai substrat. Ketika substrat melekat pada sisi aktif enzim, sisi aktif enzim berubah bentuk untuk menyerupai substrat). Namun dalam implementasinya, teori pertama yang dianggap paling sesuai dalam menjelaskan cara kerja enzim (http://fionaangelina.com).

B.     ENZIM KATALASE
Enzim katalase adalah salah satu jenis enzim yang umum ditemui di dalam sel-sel makhluk hidup. Enzim katalase berfungsi untuk merombak hydrogen peroksida yang bersifat racun yang merupakan sisa / hasil sampingan dari proses metabolisme.
Apabila H2O2 tidak diuraikan dengan enzim ini, maka akan menyebabkan kematian pada sel-sel. Oleh sebab itu, enzim ini bekerja dengan merombak H2O2 menjadi substansi yang tidak berbahaya, yaitu berupa air dan oksigen. Selain bekerja secara spesifik pada substrat tertentu, enzim juga bersifat termolabil (rentan terhadap perubahan suhu) serta merupakan suatu senyawa golongan protein. Pengaruh temperature terlihat sangat jelas, karena dapat merusak enzim dan membuatnya terdenaturasi seperti protein kebanyakan.


Enzim katalase termasuk enzim hidroperoksidase, yang melindungi tubuh terhadap senyawa-senyawa peroksida yang berbahaya. Penumpukan senyawa peroksida dapat menghasilkan radikal bebas, yang selanjutnya akan merusak membrane sel dan kemungkinan menimbulkan penyakit kanker serta arterosklerosis. Enzim Katalase memiliki kemampuan untuk inaktivasi hydrogen peroksida.
Senyawa H2O2 dihasilkan oleh aktivitas enzim oksidase. H2O2 berpotensi membentuk radikal karena membentuk OH- .
Enzim katalase merupakan hemoprotein yang mengandung 4 gugus hem.
Aktivitas enzim katalase :
1.     Aktivitas peroksidase, mengoksidasi senyawa yang analog dengan substrat
2.     Aktivitas katalase, enzim ini mampu menggunakan satu molekul H2O2 sebagai substrat atau donor electron dan molekul H2O2 yang lain sebagai oksidan atau akseptor electron.
2 H2O2 + enzim katalase à 2 H2O + O2
Enzim katalase dapat ditemukan di darah, sumsum tulang, membrane mukosa, ginjal dan hati.

C.     DERAJAT KEASAMAN (pH)
Enzim menjadi nonaktif jika diperlakukan pada asam dan basa yang sangat kuat.  Sebagian besar enzim bekerja paling efektif pada kisaran pH lingkungan yang sedikit sempit (pH = ±7).  Di luar pH optimal, kenaikan atau penurunan pH menyebabkan penurunan aktivitas enzim dengan cepat.

D.    Suhu
Enzim menjadi rusak bila suhunya terlalu tinggi atau rendah.  Hal ini disebabkan karena enzim memiliki sifat termolabil (tidak tahan panas). Protein akan mengental atau mengalami koagulasi bila suhunya terlalu tinggi (panas).
Peningkatan suhu diatas suhu optimum menyebabkan putusnya ikatan hydrogen dan ikatan lain yang merangkai molekul enzim, sehingga enzim mengalami denaturasi. Denaturasi adalah rusaknya bentuk tiga dimensi enzim yang menyebabkan enzim tidak dapat lagi berikatan dengan substratnya.





Cara Kerja
1.       Menumbuk/menghaluskan hati ayam dengan blender. Menambahkan air suling kemudian menyaring dan memasukkan kedalam gelas kimia.
2.       Menyiapkan 7 tabung reaksi, memasang diraknya dan memberi label: A,B,C,D,E,F dan G. Tabung F untuk tempat H2O2 kira kira sepertiga dan, tabung G berisi ekstrak hati ayam yang sudah disaring
3.       Mengisi tabung A,B,C,D,E dengan ekstrak hati masing-masing ± 1cm
4.       Menambahkan 6 tetes HCL pada tabung B, dam 6 tetes NAOH pada tabung C. Sedangkan tabung D dipanaskan diatas lampu spirtus dangan menggunakan penjepit dan, merendam taubung E pada es batu, upayakan suhunya dibawah 5 C
5.       Menambahkan 5 tetes H2O2 kedalam masing-masing tabung A,B,C,D,E. Apakah terjadi gelembung diatasnya !
6.       Memasukkan lidi membara kedalam lima tabung tersebut.
7.       Mengamati dan mencatat pada tabel

Data Pengamatan

TABUNG
ISI DAN PERLAKUAN
KEADAAN GELEMBUNG
ADA/TIDAKNYA NYALA API
A
Ekstrak Hati + H2O2  + Bara Api
+++
+++
B
Ekstrak Hati + HCL + H2O2  + Bara Api
-
-
C
Ekstrak Hati + NAOH + H2O2  + Bara Api
+
-
D
Ekstrak Hati dipanaskan + H2O2  + Bara Api
-
-
E
Ekstrak Hati dialam es + H2O2  + Bara Api
++
+

Keterangan     :
       -  : tidak ada
     ++ : banyak/besar
+ : ada
+++ : banyak/besar sekali




Demikianlah Artikel LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN

Sekianlah artikel LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel LAPORAN PERCOBAAN UJI ENZIM KATALASE LENGKAP DENGAN DASAR TEORI CARA KERJA DAN DATA PENGAMATAN dengan alamat link https://zorrd.blogspot.com/2016/06/laporan-percobaan-uji-enzim-katalase.html

No comments

Powered by Blogger.