KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA

KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA - Hallo sahabat KUMPULAN TUGAS SMA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KIMIA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA
link : KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA

Baca juga


KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA


LAPORAN KIMIA KOLOID

ES KRIM BAYAM

XI MIPA 5



Disusun oleh :



1.            Caesara Geacesita Valent        (07)

2.            Cici Melita Rahmawati            (08)

3.            Nadia Rahma Aryandini          (18)

4.            Rachelia Putri Anggita            (20)



SMA NEGERI 1 GOMBONG

 2014/2015





I.                  Landasan Teori

Sistem Koloid (selanjutnya disingkat “koloid”  saja) merupakan suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1-1000 nm), sehingga mengalami Efek Tyndall. Bersifat homogen berarti partikel terdispersi tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi atau gaya lain yang dikenai kepadanya, sehingga tidak terjadi pengendapan. Koloid yang mudah dijumpai dimana – mana dalam kehidupan sehari - hari, seperti : susu, agar – agar, eskrim, tinta, sampo.

Es krim adalah buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara. Sel – sel udara yang ada berperan untuk memberikan tekstur lembur pada es krim tersebut. Tanpa adanya udara, emulsi beku tersebut akan menjadi terlalu dingin dan terlalu berlemak.

Es krim tidak lain berupa busa (gas yang terdispersi dalam cairan) yang diawetkan dengan pendinginan. Walaupun es krim tampak sebagai wujud yang padu, bila dilihat dengan mikroskop akan tampak ada lima komponen penyusun, yaitu krim, skim, cair, gula dan stabilizer.

Es krim merupakan koloid yang kompleks karena termasuk koloid emulsi cair dan buih setengah beku. Emulsi cair terdapat pada lemak yang terdispersi dalam air. Koloid dalam es krim dibuat dengan cara dispersi mekanik yaitu dengan mengubah partikel – partikel kasar menjadi partikel koloid dengan menggunakan mixer.

            Bayam atau Amaratus sp. Merupakan salah satu tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Kebanyakan anak – anak kurang menyukai tumbuhan ini. Bayam telah dikenal sebagai sayuran yang kaya akan sumber zat besi penting, vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori. Hal tersebut yang menjadikan bahwa bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengakp dan berikut manfaat bayam yang menakjubkan :

a.       Melawan sel kanker

b.      Penglihatan yang lebih baik

c.       Sumber anti-inflamasi

d.      Jantung lebih sehat

e.       Menurunkan tekanan darah tinggi

f.       Mencegah diabetes

g.      Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan memori

h.      Menutrisi tulang dan sendi

i.        Menyehatkan organ pencernaan

j.        Mengurangi resiko terkena kardiovaskular

k.      Mencegah anemia

l.        Menyehatkan kulit

m.    Meningkatkan kekebalan tubuh

n.      Mengobati pendarahan gusi



II.               TUJUAN

Membuat inovasi baru dalam makanan, yaitu mencampurkan es krim (makanan yang disukai anak – anak) dengan bayam (makanan yang kurang disukai anak – anak), agar kebutuhan tubuh untuk anak – anak bisa tercukupi melalui makanan yang mereka suka, seperti es krim.



III.           ALAT DAN BAHAN

Alat :

ü  Sendok

ü  Mixer

ü  Mangkok

ü  Blender

ü  Penyaring

ü  Wadah tempat es

Bahan :

ü  Bayam

ü  Air dingin





IV.           LANGKAH KERJA

1.      Siapkan semua alat yang ada

2.      Petiki bayam lalu cuci sampai bersih.

3.      Rebus bayam

4.      Masukkan bayam kedalam blender, lalu blender

5.      Sari nglah bayam dengan ampasnya

6.      Siapkan (bahan membuat es)

7.      Masukkan hasil saringan bayam

8.      Aduk merata dengan mixer 5 – 10 menit

9.      Tuangkan ke dalam wadah es

10.  Letakan di dalam frezzer 3 – 5 jam



V.                HASIL



VI.              DOKUMENTASI


VII.          KESIMPULAN

Es krim Bayam adalah salah satu jenis koloid yang aman dikonsumsi sehari – hari karena tidak mengandung bahan pengawet. Es krim bayam merupakan salah satu inovasi baru bagi anak – anak yang kurang menyukai bayam. Kebanyakan anak menyukai es krim, jadi mereka dapat memakan bayam dalam es krim tanpa sepengetahuan mereka. Sehingga kebutuhan tubuh dalam anak – anak dapat terpenuhi.























VIII.    DAFTAR PUSTAKA

ü  Sudarmo Unggul, 2013, KIMIA untuk SMA/MA kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Jakarta, Erlangga.















Demikianlah Artikel KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA

Sekianlah artikel KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel KUMPULAN RINGKASAN MATERI DAN TUGAS SMALAPORAN KIMIA KOLOID FFA dengan alamat link https://zorrd.blogspot.com/2015/08/kumpulan-ringkasan-materi-dan-tugas_12.html

No comments

Powered by Blogger.